Tips Memilih dan Membeli Gitar

memilih gitar

Butuh bertahun-tahun bagi saya untuk mencari tahu apa gitar yang benar-benar cocok selera saya. Ini adalah proses yang biasanya memang dialami semua gitaris.Selera kita berubah seiring dengan waktu.

Ketika saya masih muda, saya selalu ingin bermain seperti shredder. Gitaris-gitaris panutan saya waktu itu  adalah Joe Satriani, Steve Vai, Yngwie dan shredder lainnya. Dan secara otomatis saya jadi ingin menggunakan gitar yang dipakai idola-idola saya tersebut.

Dan gitar elektrik pertama saya beli waktu itu adalah Ibanez RG ultraneck. Saya juga membeli Brunswick akustik elektrik yang suaranya cukup lumayan.
Sekarang, setelah karir bermusik saya makin tumbuh dan saya lebih berfokus ke pembuatan musik dan produksi penulisan lagu, gitar favorit saya juga berubah.
Sulit untuk memilih gitar yang benar-benar tepat, karena ada begitu banyak pilihan.Bisa dibilang saat ini ada banyak gitar bagus dengan berbagai tingkatan harga yang bervariasi, banyak juga gitar-gitar yang kurang bagus, untuk itulah kita harus berhati-hati dalam memilihnya.
Sebelum membeli gitar, bicaralah ke teman gitaris lain, guru dan orang-orang yang berpengalaman. Luangkan waktu Anda untuk mendengarkan dan mengamati sebelum Anda membuka dompet Anda.
Untuk membantu Anda, perhatikan 12 dibawah ini sebelum Anda membeli gitar. 
 
1 – Style Bermusik
Pertama, tanyakan pada diri sendiri style musik apa yang ingin Anda mainkan?
(A) Apakah Anda ingin bermain rock, blues, atau metal? (U2, Metallica, Red Hot Chili Peppers, dll)
(B) Apakah Anda ingin berfokus menjadi penulis lagu penyanyi musik? (Eagles, John Mayer, Jack Johnson, dll)
(C) Apakah Anda ingin bermain musik klasik? (Andrés Segovia, John Williams, Julian Bream, dll)
Jika Anda memilih (A) lebih baik anda membeli gitar listrik.
Jika Anda memilih (B) lebih baik anda membeli gitar akustik steel strings.
Jika Anda memilih (C) membeli gitar klasik akustik nylon.
2 – Usia
Jika anak Anda ingin bermain gitar (usia 6 sampai 10) saya sarankan Anda membelikan dia gitar dengan senar nylon. Biasanya itu gitar klasik. Senar nylon lebih mudah dimainkan dan lebih empuk dibandingkan senar steel (baja), sehingga jauh lebih baik untuk anak-anak. Tergantung pada ukuran anak Anda, Anda juga bisa membeli gitar dengan ukuran 3/4 atau 1/2.

Baca: Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

3 – Untuk gitaris pemula sekali.
Banyak orang yang memiliki gitar akustik atau gitar listrik, tidak ada salahnya saat pertama belajar bermain gitar, Anda meminjam gitar kepada mereka untuk belajar dan menemukan gitar dengan model seperti apa yang kira-kira cocok dengan anda
Setelah menemukan model yang anda sukai, Anda bisa segera ke toko gitar untuk membeli gitar yang seperti itu, lalu mintalah pada mereka untuk memasang senar baru di gitar tersebut. Saat nanti anda sudah belajar dan makin mahir bermain gitar, mungkin selera anda akan berubah sesuai perkembangan, yang penting, di saat awal belajar, carilah gitar yang paling nyaman buat Anda


4 – gitar listrik
Apakah Anda suka suara gitar yang keras atau distorsi? Belilah sebuah gitar listrik.Untuk sound yang clean dan lembut dan sound distorsi, gitar listrik adalah pilihan terbaik. Jika Anda ingin bermain dengan banyak sound yang berbeda, gitar listrik adalah pilihan yang tepat karena kemungkinan pilihan sound yang dimiliki gitar listrik tidak terbatas.
Jika Anda seorang pemula dan ingin gitar listrik murah, saya sarankan Anda membeli Squier (Fender), Epiphone (Gibson) atau Ibanez. Gitar-gitar tersebut bagus gitar pemula. Jika Anda adalah seorang pemain gitar menengah atau advance, silakan cek daftar di bawah tulisan ini ini di nomor 12 untuk pilihan merek dan kualitas.
Pertimbangkan ketika Anda akan membeli sebuah gitar listrik, Anda juga akan membutuhkan amplifier juga. Sound gitar listrik juga bisa diupgrade dengan banyak pedal distorsi dan efek yang berbeda untuk menciptakan lebih banyak suara. Dan memainkan gitar dengan banyak sound memiliki keasikan tersendiri.
5 – Gitar akustik senar steel (baja)
Sebuah gitar akustik steel string yang bagus memiliki sound yang clear, penuh, dan  kaya. Gitar akustik steel string yang murah biasanya tidak terdengar terlalu bagus, tetapi jika Anda baru memulai itu mungkin cukup baik.
Jika Anda adalah seorang pemain gitar menengah atau lanjutan, coba check daftar di bawah tulisan ini. Jika Anda i gitar akustik steel string yang bagus anda akan perlu merogoh kocek sekitar 1.5 juta keatas. Makin bagus biasanya harganya makin mahal, tergantung pada anggaran Anda.
6 – gitar klasik
Sebuah gitar klasik memiliki suara yang lebih soft, bulat dan penuh. Hal ini sebagian disebabkan oleh string nylon. Sebuah gitar klasik biasanya lebih murah daripada gitar akustik steel. Harga berkisar dari 1 jutaan keatas.
7 – Pilih apa yang Anda suka
Ketika Anda membeli gitar, cobalah menilai suaranya  dengan telinga Anda sendiri.Apakah suara gitarnya Anda sukai. Cari yang paling enak suaranya, enak dimainkan dan bentuk fisiknya bagus. Anda dapat meminta nasehat dari salesman toko yang bersangkutan, tetapi Anda adalah orang yang harus menilai. Jangan terlalu mengandalkan si penjual. Dengarkan hati Anda sendiri. Memilih gitar yang cocok adalah persoalan pribadi.
8 – Action rendah
Carilah gitar dengan action yang rendah atau mintalah penjual untuk menurunkan ketinggian action jika memungkinkan. Action adalah jarak antara senar dan fret. Action yang lebih rendah membuat gitar lebih enak dan mudah dimainkan. Itu membuat perbedaan besar.
9 – Coba
Pergi ke toko gitar yang berbeda, luangkan waktu Anda dengan mencoba banyak gitar.Belajarlah untuk mendengar dan merasakan perbedaannya. Jangan terburu-buru membeli. Kalau belum yakin, datanglah kembali keesokan harinya disaat telinga anda masih fresh dan coba lagi. Dengan cara ini Anda akan memiliki pandangan yang lebih obyektif akan gitar seperti apa yang terdengar baik atau buruk.
10 – Pro
Gitar listrik bisa diupgrade soundnya dengan amplifier dan ratusan pedal yang berbeda untuk menciptakan vocabulary sound yang luas. Dan cukup mudah dimainkan karena ukuran neck dan string yang kecil. Anda juga bisa bermain dengan level kecil tanpa amplifier atau menggunakan headphone. Dengan cara ini Anda tidak mengganggu siapa pun, tapi Anda masih bisa bermainn dan berlatih.
Sebuah gitar akustik steel atau nylon tidak perlu amplifikasi. Body gitar berfungsi sebagai kotak resonansi untuk memperkuat suara. Gitar akustik yang bagus biasanya soundnya sudah enak tanpa amplifier atau pedal, cocok jika ingin setting yang simple.
11 – Kontra
Gitar listrik membutuhkan banyak alat ekstra untuk mendapatkan semua sound. Anda memerlukan amplifier, Anda perlu kabel dan mungkin beberapa pedal harus anda beli.
Gitar akustik sedikit lebih sulit dimainkan daripada listrik, tapi itu worth it.
Sebuah gitar klasik nylon telah memiliki neck lebih tebal daripada akustik steel atau gitar listrik yang tidak begitu besar untuk tangan yang benar-benar kecil.
12 – Beberapa merek terkenal yang bisa jadi pilihan.
GITAR ELEKTRIK:
– Fender (Rock, Blues, Pop)
– Gibson (Rock, Blues, Pop)
– Ibanez (Shredding)
– Ernie ball – man Musik (Rock, Pop)
– ESP (Metal)
– Gretsch (Rockabilly, Jazz, Blues)
– Washburn (Rock)
– Rickenbacker (Rock, Blues, Pop)
– Paul Reed Smith (Rock, Blues)
GITAR ELEKTRIK BAGUS YANG TERJANGKAU HARGANYA:
– Squier Stratocaster
– Epiphone Les Paul
– Musicman – Sterling
– Ibanez GRX20ZBKN
– Jackson
– ESP LTD M100FM
– Kramer Striker Kustom 211
– Washburn RX Series RX10VSB
– Yamaha Pacifica Seri PAC012
GITAR AKUSTIK STEEL STRINGS:
– Martin DX1AE
– Taylor 214CE
– Larrivee OM-03E
– Blueridge BR-40
– Takamine G340
– Guild D-125
GITAR KLASIK NYLON:
– Yamaha C40II
– Cordoba C5
– Alvarez AC70
– Manuel Rodriguez
– Ortega R131-44

Summary
Tips Memilih dan Membeli Gitar
Article Name
Tips Memilih dan Membeli Gitar
Description
Panduan untuk memilih dan membeli gitar yang sesuai dengan budget, skill dan style bermusik.
Author

4 Replies to “Tips Memilih dan Membeli Gitar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*