Cara dan Tips Membuat Lagu Instrumental Solo Gitar

tips-menciptakan-gitar-soloTips ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan belajar dari kesalahan, ceritanya begini:

Dulu waktu pertama pertama sekali belajar bikin solo gitar, saya selalu membuat lagu solo gitar dengan format yang kira-kira seperti ini.

  • Intro yang mengandung improvisasi njlimet
  • 16 bar pertama diisi dengan pamer teknik tremolo
  • 16 bar kedua dengan sweeping
  • 16 bar berikutnya dengan tapping dan full improvisasi
  • Interlude solo gitar
  • 16 bar berikutnya diisi dengan shredding picking
  • Improvisasi lagi dan seterusnya dan seterusnya

Nah, kalau saya lihat di Facebook dan media sosial lainnya, banyak sebenarnya gitaris-gitaris Indonesia yang jago yang sudah bisa menciptakan solo gitar mereka sendiri, namun sebagian dari mereka rata-rata mereka melakukan kesalahan yang sama yang dulu saya lakukan dalam menciptakan solo gitar.

Tidak ada salahnya memulai belajar menciptakan solo gitar dengan skenario seperti diatas, namun pada saatnya nanti, gitaris sebaiknya  menyadari, menciptakan sebuah karya solo guitar yang baik itu artinya tidak sekedar menciptakan musik yang banyak gitarnya dan atau menciptakan musik yang isinya kumpulan teknik gitar dari intro sampai selesai.

Cobalah perhatikan karya-karya solo gitar master-master gitar idola kamu, Dari gitaris yang paling simpel mainnya, sampai gitaris yang njlimet seperti Yngwie J Malmsteen, Semuanya mengikuti pola tertentu, Yang menjadikan karya Solo gitar mereka menjadi suatu karya yang asik dan keren, bukan hanya kumpulan teknik teknik gitar.

Tips yang akan saya tulis di sini, merupakan hasil dari mempelajari karya karya mereka dan hasil dari trial and error saat saya belajar menciptakan solo gitar saya sendiri. Beberapa dari tips yang akan saya tulis di sini mungkin bisa kamu gunakan kalo kamu merasa cocok, kalau merasa kurang cocok ya lupakan saja.

Oke masbro mari kita segera memulai saja.

  1. Sebelum menciptakan sebuah karya Solo gitar, ada baiknya kamu belajar mengerti cara menulis lagu atau songwriting. Karena pada dasarnya menciptakan solo gitar itu adalah sama dengan menciptakan sebuah lagu biasa juga, hanya instrumen utamanya bukan vokal tapi gitar. Jika kamu memahami teori musik, walau sedikit, itu juga bisa membantu dalam proses penciptaan.
  2. Belajarlah tentang struktur lagu. Pelajari bahwa lagu itu bisa berbagai macam strukturnya, contoh, struktur lagu tertentu mungkin begini : Intro-song1-song2-chorus(reff) dst, mungkin di lagu lain strukturnya bisa berbeda seperti ini : intro-song2-chorus-song2-chorus dst, mungkin lagu lain berbeda lagi strukturnya : reff-song1-song2-chorus-bridge dst. Semakin kamu mengerti tentang struktur lagu semakin bagus. Mengerti ini akan banyak membantu dalam menciptakan sebuah kerangka lagu solo gitar yang asik.
  3. Setelah kamu mengerti tentang Struktur lagu dan memutuskan struktur lagumu akan seperti apa, mulailah menciptakan bagian bagiannya. Ciptakan intronya, bikin lick untuk song-nya, ciptakan bagian chorus (reff)nya, dst. Kembangkan musik dasar dari struktur lagu tadi menjadi sebuah komposisi yang utuh secara musikal, Dan selalu ingat lagi bahwa kita di sini sedang menciptakan sebuah lagu solo guitar, bukan menciptaan musik yang berisi kumpulan lick, utamakan untuk memilih nada nada dan frasa frasa musik yang enak dan jelas. Teknik memang harus dikuasai tapi jadikanlah teknik hanya sebagai faktor pendukung dalam menciptakan lagu solo gitar, jangan teknik jadi yang utama.
  4. Kata kunci yang yang terpenting dalam proses ini adalah KONTRAS. Kontras artinya harus ada perbedaan yang jelas antara bagian verse bentuknya seperti ini, dan bagian reff bentuknya seperti apa dst, Semakin kontras dan semakin jelas perbedaan yang terasa di bagian bagian lagu tersebut, akan semakin baik. Kenapa begitu? Karena dalam sebuah solo gitar, baik itu di bagian verse, chorus , maupun bagian lead gitar, nantinya semuanya berisi suara lick gitar. Kalau perbedaan dari bagian bagian tersebut kurang kontras maka bentuk dari lagu tersebut akan kurang terasa jelas buat pendengar. Karena sepanjang lagu tersebut diputar, pendengar akan mendengarkan lagu yang isinya gitar, gitar, dan gitar lagi. Nah, kontras itu sendiri bisa dibuat dari macam-macam elemen, bisa dari melodi gitarnya sendiri, bisa dari range oktav dari licknya, bisa dari ketukan drumnya, bisa dari sound gitarnya, chordnya mayor atau minor, macem-macem lah, jadi be creative aja.
  5. steve-vaiTantangan lainnya adalah, karena ini sebuah lagu solo gitar, maka tidak akan ada vokal dan lirik, atau mungkin ada tapi sedikit porsinya. Jadi di sini usahakanlah agar kamu bisa bercerita tentang isi lagu tersebut dengan mengunakan melodi gitar kamu saja. Jadikan gitarmu sebagai instrumen yang bisa bernyanyi dan bernyawa. Kamu bisa belajar banyak tentang hal ini dari mendengarkan musik-musik klasik, jaman dulu menjadi musisi instrumental klasik memiliki tantangan tersendiri, mereka harus bisa menceritakan keseluruhan isi lagu tanpa menggunakan lirik yang seharusnya berfungsi sebagai penutur ceritanya. Tapi hebatnya mereka, somehow mereka berhasil menciptakan karya-karya tersebut dan sampai sekarang karya-karya itu masih banyak didengarkan dan dimainkan musisi.
  6. Ciptakan lick-lick yang unik untuk bagian bagian lagu tersebut, bentuk licknya terserah, boleh simpel atau njlimet, boleh adem, boleh njegrak. Yang penting unik, mudah diingat, asik, dan enak. Buat gitaris sebaiknya prioritaskan untuk menciptakan lick yang asik dan enak dulu, mulailah dari yang simpel, simpel ini bukan berarti slow atau cepet, just simple. Kenapa harus simple? karena pada saat proses aransemen nanti, ada kemungkinan komposisi itu akan berubah menjadi rumit dan kompleks. Belajar dari pengalaman, kebanyakan gitaris, pada saat mengaransemen, biasanya mereka gatal untuk membuat lagu itu jadi kompleks dan rumit. Jadi mulailah dari yang simpel dan enak dulu. Karena kalau mulainya saja sudah rumit, Nanti kalau ke belakang makin rumit lagi, lama lama bentuk lagunya bisa makin nggak jelas.
  7. Buatlah sebuah konsep lagu yang jelas, konsep yang bagus jauh lebih penting nilainya dibanding teknik dan improvisasi. Matangkan konsep lagunya dari awal, song, reff, lead, klimaks dll, sampai itu membentuk suatu komposisi lagu yang utuh, baik secara struktur, maupun yang lebih penting secara penjiwaan emosional. Gunakan semua teknik yang bisa membuat lagu itu jadi lebih enak. Bebaskan dirimu dalam bereksperimen dan buatlah satu konsep yang matang.
  8. Ini juga sering dilupakan gitaris: Jangan hanya memperhatikan solo gitarnya saja. Perhatikan juga aransemen lagu karena itu sangat penting. Rata rata gitaris hebat selain hebat di lick-lick gitarnya, tapi mereka juga hebat dalam mengaransemen solo gitar itu sehingga menjadi menarik.Perhatikan juga bagian drumnya, part bassnya, keyboard kalau ada, dan keseluruhan aransemen. Dengarkan karya-karya Steve Vai, Satriani, Yngwie, Eric Johnson atau siapapun gitaris idolamu, dan pelajari bagaimana mereka mengaransemen lagu solo gitarnya sehingga secara keseluruhan lagu itu terdengar hebat. Perumpamaanya yang pas kira-kira begini, nada itu bisa kita samakan dengan manusia, kualitas nada dan manusia selain ditentukan oleh mereka sendiri, juga dipengaruhi nada-nada dan manusia-manusia yang ada di lingkungannya.
  9. Kadang-kadang, kalau kamu seorang gitaris yang sudah cukup berskill tinggi, menciptakan sebuah karya solo gitar bisa menjadi parameter penilaian apakah kamu sudah bisa menggunakan semua teknik yang kamu kuasai untuk membuat sebuah lagu menjadi keren. Tidak semua gitaris jago bisa bikin solo gitar yang bagus, karena menguasai teknik gitar dan menguasai membuat lagu solo gitar yang enak itu merupakan dua hal yang berbeda. Tidak hanya di Indonesia saja, di luar negeri juga banyak gitaris jago yang bagus bikin solo gitar, ada juga gitaris yang hanya jago main saja dan tidak terlalu asik saat bikin solo gitar.
  10. Jangan terpaku harus seperti ini atau harus seperti itu atau harus seperti idolamu. Buatlah sesuai seperti yang kamu mau dan yang paling penting jadilah diri sendiri. Ingat, lagu Yngwie “Far Beyond The Sun” yang maha ribet ala shredder itu adalah solo gitar yang keren, namun lagu Steve Vai “For The Love Of God” yang lebih slow dan melodius itu pun tidak kalah kerennya, dua-duanya keren di wilayah bermain mereka masing-masing. So jadilah diri sendiri seperti yang selalu kamu inginkan.

Dan buat kamu yang belum mengerti cara merekam karya solo gitarmu, mungkin tips ini bisa membantu : Cara Rekaman Yang Murah dan Bagus


Summary
Tips Membuat Lagu Instrumental Solo Gitar
Article Name
Tips Membuat Lagu Instrumental Solo Gitar
Description
Berbagi tips membuat lagu instrumental solo gitar, kabanyakan tips berasal dari pengalaman sendiri.
Author

6 Replies to “Cara dan Tips Membuat Lagu Instrumental Solo Gitar”

  1. Wah Terima kasih!
    Banyak membatu bagi yg awam nih..
    Cuma yg gak kalah penting adalah Harmonisasi dari musik itu sendiri..
    Karena memang disini kita dituntut untuk menyeimbangkan semua komponen musik agar tidak saling bertabrakan satu dengan lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*