Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

 tips-gitar-untuk-pemula

Kita mulai pembahasan ini dengan terlebih dahulu membahas beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan gitaris pemula, antara lain:

Menganggap bahwa memainkan note dan fingering yang tepat lebih penting daripada memainkan dengan tempo dan timing yang tepat, tempo dan timing bisa dibilang sama pentingnya dengan memainkan note dan fingering yang benar.

Menyetel ampli gitar terlalu kencang di dalam studio/panggung, hingga volumenya melebihi suara Drum, sering terjadi kita melihat gitaris pemula yang sok asik sendiri main gitar dengan volume sekeras-kerasnya, bahkan untuk gitaris yang jago sekalipun, bermain musik keras keras dan tidak balance dengan pemain musik yang lain itu tidak asik untuk dilihat/didengar. Satu aturan umum yang berlaku disini, setel volume amplifier secukupnya, dan kalau tidak ada yang menyuruh menaikkan volume, tidak usah dinaikkan.

Bermain dengan pedal-pedal efek memang asik, tapi jangan beranggapan bahwa pedal-pedal itu akan memperbaiki skill bermain gitar kamu. Jangan terlalu berambisi untuk memprioritaskan membeli pedal pedal baru, jika anda punya uang dan ingin membeli alat musik, prioritaskan pada gitarnya terlebih dahulu, gitar yang bagus jauh lebih penting dan akan membuat anda bisa bermain lebih nyaman dan lebih bagus, amplifier dan pedal pedal yang mahal prioritasnya menyusul.

Jika budget anda terbatas, belilah gitar bekas, ajaklah orang yang sangat mengerti tentang gitar untuk membeli. Untuk budget yang sama, anda bisa mendapatkan gitar yang lebih bagus dibandingkan dengan jika anda membeli gitar baru.

Baca: Tips Memilih dan Membeli Gitar

Jangan belajar lick-lick baru dengan kecepatan tinggi, sebagai gitaris pemula belajarlah pelan-pelan dulu, yang penting setiap note bisa berbunyi dengan benar dan enak. Perumpamaannya disini adalah: Untuk belajar berlari, orang harus bisa berjalan terlebih dahulu, start slowly.

Gunakan fingering yang benar dan paling efektif dan nyaman untuk jari-jari anda, fingering yang tidak nyaman membuat permainan tidak rapi dan tidak smooth.

Jangan hanya rajin berlatih sendiri di rumah/studio. Sering-sering bermain di panggung atau di hadapan orang banyak, anda akan banyak belajar disitu bagaimana menghadapi penonton dan menghandle masalah teknis yang muncul pada saat manggung.

Pastikan setiap nada berbunyi dengan benar, bermainlah dengan rileks, carilah posisi fingering yang paling nyaman dan rileks buat anda, bermain dengan tegang tidaklah bagus, anda harus belajar untuk bermain dengan nyaman dan santai.

Belajarlah mengulik lagu apapun yang anda sukai, dan setiap kali berlatih, akhirilah sesi latihan itu dengan sesuatu yang menyenangkan dan fun.

Baca; Tips berlatih gitar yang efektif.

Pastikan anda memegang gitar dan pick dengan posisi yang paling nyaman buat tubuh anda sendiri.

Jangan berpikir bahwa latihan lead/melodi gitar lebih penting daripada berlatih rithm gitar, dua-duanya sama-sama penting, dan ingat, dalam sebuah lagu gitaris biasanya bermain rithm gitar sekitar 80-90%, sisanya baru lead/melodi.

Jika ada satu lick/teknik yang sepertinya mustahil untuk anda kuasai, cobalah pendekatan yang berbeda. Coba berkomunikasi dengan gitaris lain bagaimana cara mereka memainkan lick tersebut, perhatikan apakah ada bedanya dengan cara bermain anda. Jika anda belajar dari kursus, guru gitar anda seharusnya punya saran dan beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk melatih lick tersebut.

Summary
Tips Belajar Gitar Untuk Pemula
Article Name
Tips Belajar Gitar Untuk Pemula
Description
Tips untuk gitaris pemula, bagaimana bisa bermain lebih baik dan menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*